AZIZAH NURLAILA RAJA

   Hallo perkenalkan nama saya Azizah Nurlaila Raja. Saya biasa dipanggil Azizah. Disini saya ingin personal branding yang ingin saya bangun. Sebelum saya menceritakan personal branding saya. Saya disini akan menjelaskan sedikit tentang personal branding. Persoanal branding adalah sebuah upaya seseorang guna untuk mempengaruhi presepsi kepada publik guna untuk menciptakan peluang kita akan karier ke depannya.

Beberapa hal yang penting dalam membangun personal branding. 
Diantaranya:
1. Mengembangkan kepercayaan publik.
    Salah satu hal umum yang akan kamu dapatkan dari membangun citra diri adalah mendapatkan koneksi atau jaringan yang luas. Hal ini semakin benar di era media sosial di mana kamu dapat terhubung dengan banyak orang dengan mudah.
2. Membangun relasi lebih luas. 

Jika kamu memiliki bisnis, maka personal branding mampu memperkuat bisnis yang kamu jalankan. Pasalnya, personal branding dapat meningkatkan integritas bisnis di mata calon konsumen, pelanggan setia, pesaing, hingga rekan bisnis. Personal branding memberikan manfaat berupa kemudahan dalam menggaet calon pelanggan, memaksimalkan strategi pemasaran, membangun jaringan, dan koneksi bisnis.

3. Meningkatkan nilai tambah.
Salah satu manfaat dari personal branding adalah menunjukkan keunggulan yang kamu miliki. Oleh karena itu, fokuslah pada kekuatan diri sehingga menjadi ciri khas yang diketahui oleh publik. Melalui cara ini, orang lain akan mulai melihat kamu dengan segala kelebihan yang dimiliki. Keahlian kamu akan diakui, nama kamu akan dikenal luas. 
4. Membangun kredibilitas.
    Tak banyak tahu bahwa kepercayaan dan keahlian merupakan komponen penting dari kredibilitas. Keahlian yang kamu miliki dan diakui oleh orang lain bukan hanya menimbulkan decak kagum atau rasa hormat, melainkan juga kepercayaan. Apabila nilai personal branding tersebut dapat kamu terapkan di kehidupan nyata, secara otomatis kredibilitas akan meningkat. Sebagai contoh, kamu memiliki kemampuan desain yang mumpuni, tetapi belum terbukti dan diakui, tentunya kredibilitas akan rendah. Lain halnya jika kamu memaksimalkan kemampuan tersebut dengan mengikuti berbagai kompetisi. Meskipun gagal meraih juara pertama, kamu telah berhasil mengukir prestasi, menunjukkan dan membuktikan nilai diri, serta mendapat pengakuan. Berbekal hal tersebut, kamu bisa membangun personal branding yang kuat. Makin tinggi nilai kualitas diri kamu, makin tinggi pula kredibilitas kamu di mata publik. 

selain hal tersebut, ada beberapa hal juga yang dapat dilakukan. 
Diantaranya:
1. Kenali Diri
2. Tentukan Tujuan yang Jelas
3. Jaga Konsistensi
4. Memperbanyak Relasi.


Mengapa saya ingin menjadi seorang speaker atau publik speaking?

Tujuan personal branding memang adalah untuk menampilkan yang terbaik dalam diri kamu. Tetapi, kamu juga harus berusaha menjadi versi terbaik dari diri kamu dengan terus mengasah kemampuan dan memaksimalkan potensi dalam diri.

Apa personal branding yang ingin saya bangun?

Saya ingin membangun personal branding saya sebagai seorang publik speaking. atau speaker.

Karena, saya senang untuk berbicara didepan orang banyak, ketika bertemu dan berkumpul dengan orang baru, saya merasa adanya motivasi dan semangat baru dalam hidup.

Mengapa saya ingin menjadi seorang speaker atau publik speaking?

hal ini dikarenakan ketika saya bertemu dengan orang baru say memiliki motivasi baru dan semangat yang baru. 

Pengalaman hidup yang membuat saya ingin menjadi publik speaking? 

    Saya juga memiliki pengalaman beberapa pengalaman pada saat SMA. Seperti pengalaman berorganisasi. Saat itu saya, mengikuti organisasi pramuka baik tingkat sekolah (gudep) maupun tingkat kecamatan (kwartir). Hal yang paling berkesan dalam hidup saya adalah ketika saya diberi amanah sebagai ketua dewan tingkat ranting. Mulai sejak saat itu, saya sering kali datang ke acara kepramukaan dan terkadang saya mengisi disela-sela acara tersebut. Sejak saat itu juga saya senang terjun dalam berbagai event. Baik dalam sekolah maupun diluar sekolah. 

    Selain di SMA, saya saat ini saya juga mengikuti kegiatan presenter. yaitu sebuah kegiatan dimana kita memperkenalkan kampus ke sekolah seperti sma smk. Dari pengalaman tersebut saya mulai suka untuk berbicara didepan publik dan 


Komentar