IDE JUALAN MAKANAN YANG CARA BUATNYA MUDAH

“MILLE CREPES”


Hi guysss, I'm back!!!!

Oke, kali ini aku akan bahas tentang suatu hal yang sedang terjadi di era modern sekarang ini. Apa itu? Yapss. Saat ini banyak ide jualan yang mulai bermunculan. Tidak terkecuali desserts. Saat ini, dessert muncul dengan berbagai varian yang kreatif dan inovatif. Dengan hal ini pesaing muncul dimana-mana. Untuk merealisasikan ide tersebut, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti modal yang cukup, waktu pembuatan dan proses pembuatannya produk tersebut. Terkait hal tersebut, banyak orang yang merasa khawatir. Dan apabila hal ini terjadi rasa khawatir, maka hal itu hanyalah sekedar ide saja. Oleh karena itu, disini aku akan memberikan sebuah solusi. Buat kalian masih bingung saat ingin menjual dessert yang hanya memerlukan modal yang sedikit serta proses pembuatannya terbilang cukup mudah dan tidak lama. Yang dimana pembuatannya hanya menggunakan teflon. Mudah bukan?? kira-kira ide jualan apa sih yang cocok??





Yapss, itu adalah Mille Crepes. Mille Crepes adalah sebuah dessert yang berasal dari Jerman. Dessert yang terdiri dari crepes tipis yang tengahnya diberi whiping cream lalu diberi varian toping diatasnya. Cara buatnya bisa dibilang mudah. Hanya menggunakan teflon. Dari pada kelamaan mending langsung bahas yukk.

Alat:
1. Teflon
2. Mixer
3. Baskom kecil
4. Spatula
5. Saringan
6. Sendok sayur

Bahan:
1. 180 gram tepung terigu 
2. 500 ml susu full cream 
3. 4 butir telur 
4. 5 sdm gula pasir atau gula halus 
5. 5 sdm margarin (leleh)
6. Pasta vanilli (sesuai selera)

Pada saat membuat Mille Crepes, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Diantaranya:
• crepes
   Langkah-langkahnya:
  1. Siapkan wadah kecil. Kemudian masukan 4 butir telur dan 5 sdm gula. Kemudian aduk sampai rata.
  2.  Jika sudah rata, masukkan 5 sdm margarin yang telah dilelehkan. Kemudian, aduk sampai rata. 
  3. Masuk tepung terigu dengan cara disaring. Masukan secara perlahan dan bertahap. Tujuannya adalah agar tepung terigu tersebut tidak bergerinjil didalam adonan. Kemudian aduk sampai rata.
  4. Setelah tepung terigu larut dalam adonan, masukan 500 ml susu cair full cream. Lalu aduk.
  5. Jika ingin berwarna-warni, pisahkan adonan menjadi beberapa wadah. Bila perlu gunakan timbangan agar sama rata.
  6. Jika sudah, teteskan pasta pandan masing-masing maksimal 2-3 tetes. Kemudian aduk sampai rata.
  7. Siapkan teflon. Kemudian olesi dengan margarin secukupnya. Setelahnya panaskan di atas kompor dengan api sedang. 
  8. Jika telfonnya sudah lumayan panas, masukan 1 sendok sayur adonan kedalam teflon. Kemudian ratakan.
  9. Jika sudah rata, tunggu adonan kira-kira sampai bisa lepas dari teflon. Lakukan langkah-langkah yang sama sampai adonan habis.
• Whiping Cream
   Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Siapkan spatula mixer dan wadah yang telah didiamkan didalam kulkas kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan agar whiping cream tambah creamy dan mengembang dengan sempurna.
  2. Selanjutnya, tuangkan 400 gram whiping cair dingin kedalam wadah.
  3. Kemudian, aduk dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
• Penyusunan Cake Mille Crepes
   Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Siapkan tatakan yang lebar.
  2. Pilih salah satu adonan dengan warna bebas.
  3. Selanjutnya, beri whiping cream yang telah jadi diatas adonan (sesuai selera). Kemudian ratakan. Lakukan langkah-langkah yang sama sampai adonan habis.
  4. Jika tersusun semuanya, beri taburan topping diatasnya sesuai selera.
  5. Langkah terakhir, masukan kedalam kulkas kurang lebih 1 jam. 
  6. Jika sudah, maka Cake Mille Crepes siap disajikan. 
  7. Promo produk. Promo ini bisa dilakukan dengan cara adanya potongan pembelian produk, beli 2 gratis 1, pembelian pada hari tertentu dan sebagainya.

Nah, itu tadi adalah langkah-langkah dalam pembuatan mille crepes. 


"Kak gimana kalo ternyata banyak yang jual Mille crepes atau mungkin pelanggan sudah bosan dengan produk kita?" Eitss, tenang guys. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Kira-kira apa saja sih yang bisa kita lakukan?
  1. Promo produk. Promo ini bisa dilakukan dengan cara adanya potongan pembelian produk, beli 2 gratis 1, pembelian pada hari tertentu dan sebagainya.
  2. Lakukan inovasi produk secara berkala. Bisa dengan cara bentuknya bervariatif, bentuk packagingnya, rasa dan toppingnya yang beranekaragam.
  3. Menambah tingkat pelayanan. Bisa dilakukan dengan cara pelayanan yang gesit, adanya sistem DO atau COD dan lain sebagainya.
Dari tips diatas, kalian tidak perlu risau lagi apabila ingin jualan. Dengan modal yang sedikit dan cara pembuatannya mudah tentunya akan menguntungkan jika dijadikan ide jualan. Kalau kalian tetep masih bingung, kalian bisa cek beberapa ide jualan lainnya diblog aku ya. Sekian. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa diblog selanjutnya.
Bye!!!


Komentar